Kista Kehamilan

    Kista Fisiologis dan Patologis pada Wanita Hamil

    Kista adalah suatu kantung yang berisi cairan yang kental sperti gel atau mukus atau bisa juga cair. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan munculnya kista yaitu telur yang gagal berovulasi, kelenjar-kelenjar yang tertampung di ovarium yang tak bisa dikeluarkan, dan lama kelamaan bisa menjadi besar. Kista yang biasa terjadi pada wanita adalah kista ovarium. Kista ovarium ini dapat muncul pada wanita yang sedang hamil.

    Kista kehamilan ada dua jenis yaitu kista yang fisiologis dan kista yang patologis (tidak normal). Kista fisiologis sangat wajar terjadi, Kista ini berukuran kecil dan tidak akan mengganggu kehamilan. Kista ini tidak membahayakan janin dan menimbulkan komplikasi kehamilan. Kemudian, untuk kista yang patologis yang sering terjadi pada saat kehamilan adalah  kista lutein.  Ada 2 jenis kista lutein yaitu kista granulosa lutein dan kista theca klutein. Ukuran kista granulose lutein lebih besar yaitu sekitar 6 – 8 cm. Kista ini bisa menumbulkan bagi ibu hamil karena biasanya kista ini tumbuh pada batang yang memutar dan bisa pecah. Apabila kista ini pecah, maka akan dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa bagi ibu hamil. Sedangkan untuk kista theca lutein ini berwarna sperti jerami dan berisi cairan bening. KIsta ini timbul berkaitan dengan terapi hormon dan tumor ovarium.

    Sebaiknya anda memantau secara teratur kista kehamilan anda, apakah kista fisiologis atau patalogis. Dengan pantauan yang teratur menggunakan USG maka anda akan dapat memilih tindakan yang tepat akan kista yang ada dalam tubuh anda.

    Baca lagi lebih jelas mengenai kehamilan ada kista silahkan klik Kista Hamil

      Comments are closed.