Hamil Ada Kista

    Kehamilan dan Kista

    Kehamilan merupakan hal yang diidamkan bagi setiap wanita yang telah menikah. Akan tetapi bila ketika wanita sedang hamil dan kemudian tumbuh kista, bagaimanakah hasilnya? Pasti mereka bertanya-tanya apakah tidak berbahaya bila hamil ada kista.

    Kista yang terjadi pada saat kehamilan bisa saja terjadi ketika wanita tersebut belum hamil dan tidak terdeteksi. Akan tetapi kemungkinan lain yang terjadi adalah kista tersebut muncul saat hamil akibat pengaruh hormonal. Hormon estrogen yang meningkat pada saat hamil bisa memicu pembesaran kista. Pada ibu hamil ada kista, biasanya dibutuhkan pemantauan yang regular dan teratur oleh dokter. Perlu diamati apakah kista tersebut bertambah kecil dan menghilang, berukuran tetap atau malah bertambah besar. Kista yang makin lama mengecil hingga akhirnya menghilang tidak perlu dikhawatirkan. Akan tetapi bila kista tersebut bertambah besar dengan ukuran di 6 cm hingga lebih, maka akan menimbulkan resiko. Tangkai kista bisa tersebut terpuntir dan menimbulkan rasa sakit bagi ibu hamil. Kista yang membesar dapat mengganggu perkembangan janin karena mendesak rongga perut. Selain itu suplai oksigen ke paru-paru secara optimal juga menjadi kurang sehingga bisa menimbulkan sesak nafas.

    Kista juga bisa menjadi ganas dan untuk itu diperlukan gambaran melaui USG. Pemeriksaan penunjang dengan menggunakan tumormarker juga perlu dilakukan untuk memastikan kembali keganasan kista dan apakah mengarah ke tumor ganas atau tidak.

    Baca lagi lebih jelas mengenai kehamilan ada kista silahkan klik Kista Hamil

      Leave a Reply